5 Contoh Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Salah

image

Bismillah

Semua orang Indonesia pastinya mengerti dengan sempurna bahasanya sendiri, terutama dalam hidup bermasyarakat. Bagaimana jika bahasa yang Anda sering ucapkan sehari-hari entah di dunia nyata atau di dunia maya, media cetak, media elektronik dsb, justru salah kaprah alias tidak tahu arti sebenarnya?

Disadari atau tidak hal ini akan menjadi kebiasaan dalam berkomunikasi dalam sehari-hari dan ini akan secara perlahan merusak Bahasa Indonesia itu sendiri.

Berikut adalah 5 contoh penggunaan Bahasa Indonesia yang salah, dimana pelakunya antara sadar atau tidak, sering ‘keceplosan’ dalam penggunaan sehari-hari :

image

Di kantor biasanya Anda secara tidak sengaja pernah diskusi sama teman kerja atau bos dengan kalimat seperti ini ‘Bagian ini harus dirubah’.

Apa itu dirubah?

Dibuat jadi rubah atau dijadikan rubah?

Yang benar itu ternyata dengan menggunakan kata ‘ubah’, ‘diubah’, atau ‘mengubah’.

image

‘Eh, titip absen ya!’ salah satu teman kerja Anda pasti pernah mengatakan hal tersebut. Itu artinya dia titip untuk tidak dihadirkan di kantor, soalnya ‘absen’ itu artinya tidak hadir.

image

Biasanya kata ‘acuh’ ini digunakan salah kaprah dalam lirik atau syair. Di beberapa lirik atau syair tersebut, kata ‘acuh’ diartikan tidak peduli, padahal ‘acuh’ itu sendiri artinya peduli. Jadi, kalau tidak peduli jadinya tidak acuh.

image

Pernah ada pejabat yang menyinggung soal pakaian, melarang orang untuk berpakaian tidak seronok.

‘Seronok’ itu artinya enak dilihat. Jadi kalau menyuruh orang untuk berpakaian tidak seronok, berarti menyeruh mereka untuk berpakaian yang tidak enak dilihat, misalnya : memakai baju yang warnanya bertabrakan membuat tidak enak untuk dilihat.

image

‘Diam tak bergeming’, itu salah satu contoh kalimat yang kata di dalamnya kurang tepat. ‘Bergeming’ itu artinya diam tidak bergerak.

Wallahu a’lam.

(Sumber)

Posted from WordPress for Android

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s