Posted in Internet, Teknologi

Mengenal Touch Screen (Layar Sentuh, bagian 1)

image

Bismillah

Zaman sekarang siapa sih yang tidak kenal teknologi Touch Screen? Yup Anda pasti sudah sering melihat penggunaannya pada smart phone, konsol game, PC tablet, laptop, TV, dsb, yang berlayar Sentuh atau Touch Screen. Maka pada artikel kali ini saya akan coba memposting sedikit tentang sejarah Touch Screen atau Layar Sentuh.

Dahulu sekitar tahun 1971, awal mula Touch Sensor dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst (pendiri Elographics) sekaligus sebagai seorang instruktur di University of Kentucky. Touch Sensor ini disebut ‘Elograph‘ dan telah dipatenkan oleh University of Kentucky Research Foundation.

Elograph‘ ini tidak transparan seperti Touch Screen zaman sekarang, namun demikian elograph telah menjadi tonggak sejarah yang signifikan dalam teknologi Touch Screen saat ini.

image

Sekitar tahun 1974 Touch Screen pertama diperkenalkan, yang telah dilengkapi dengan permukaan transparan dikembangkan oleh Doktor Sam Hurst dan Elographics. Pada tahun 1977 Elographics tersebut dikembangkan dan dipatenkan dengan teknologi lima-kawat resistif, yaitu teknologi Touch Screen yang masih digunakan saat ini.

image

image

Sekitar tahun 1983, HP-150 (Hewlett Packard 150) menjadi salah satu komputer Touch Screen di dunia komersial. Bentuknya berupa monitor tabung CRT (Cathode Ray Tube) Sony 9 yang dikelilingi oleh pemancar dan penerima infra merah, yang mendeteksi posisi setiap obyek non-transparan di layar.

image

Touch Screen di zaman itu awalnya hanya bisa merasakan satu titik kontak pada layar dan memiliki sedikit kemampuan untuk merasakan seberapa keras seseorang menyentuh. Sedangkan saat ini telah mulai berubah dengan komersialisasi dengan teknologi multi-touch.

image

image

Pada dekade 90an hingga sekitar tahun 2005, Touch Screen akhirnya menjadi hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan menggunakan Touch Screen untuk sistem kios dalam pengaturan penjualan ritel dan pariwisata, pusat penjualan, ATM (Automated Teller Machine) dan PDA (Personal Digital Assistant) , dimana penggunaan stylus terkadang digunakan untuk memanipulasi GUI (Graphical User Interface) Touch Screen dan untuk memasukkan data.

image

image

image

Sekitar tahun 2006 hingga sekarang popularitas Smart Phone, PDA, game konsol portabel (seperti PSP) dan berbagai jenis peralatan informasi telah mendorong permintaan dan penerimaan Touch Screen di masyarakat.

image

image

Hingga akhirnya PC (Personal Computer) dalam bentuk Tablet yang digagas oleh Apple Computer, Inc. diikuti oleh merek-merek terkenal dunia lainnya telah menjadikan Touch Screen multi-touch menjadi interface utama dengan berbagai kemampuan yang disediakannya.

Wallahu a’lam.

Posted from WordPress for Android

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s