Posted in Asia, Bangsa, Bebas, Lokasi, Sejarah, Wilayah

Mengenal Bangsa Mongolia (bagian 3)

image

Bismillah

Artikel berikut merupakan lanjutan dari artikel disini dan disini, maka di artikel bagian ke 3 ini, saya lebih mengulas sedikit lagi tentang kehidupan bangsa mongol.

Pada awalnya bangsa Mongol adalah nama dari sebuah suku yang hidup di sepanjang Sungai Erguna. Kemudian, mereka mulai pindah ke padang rumput Mongolia Barat pada abad ke 7, dan bangsa Mongol menetap di bagian hulu Onon, Tula Kerulen dan disekitar sungai-sungai daerah timur Pegunungan Kentey pada abad ke 12.

Dari situ mereka tumbuh menjadi banyak kelompok-kelompok suku, seperti Qiyan, Zadalan dan Taichiwu. Padang rumput Mongolia dan hutan-hutan di sekitar Danau Baikal juga rumah bagi banyak suku-suku lainnya seperti Tartar, Wongjiqa, Mierqi, Woyela, Kelie, Naiman dan Wanggu.

Berkuda, Memanah dan Bergulat

image

Bangsa Mongolia tumbuh di atas pelana kuda dan kuda mempunyai peranan penting dalam kehidupan mereka. Setiap orang Mongolia suka membuktikan kemampuannya dengan menunjukkan kepandaian menunggang kuda dan memanah yang baik serta bergulat.

image

Bangsa Mongolia mempunyai acara tradisional tahunan bernama ‘Nadam’ yang berarti permainan, yang biasa diadakan pada bulan Juli dan Agustus. Pada hari itu, orang-orang Mongolia mengenakan pakaian mereka yang terbaik untuk berpartisipasi dalam lomba pacuan kuda, memanah, gulat dan lain-lain.

image

image

image

image

Pakaian

Mereka terkadang mengenakan mantel bulu atau dilapisi dengan kain satin dan kebanyakan berbaju yang longgar serta berlengan panjang. Mereka juga memakai sepatu bot kulit dengan tinggi selutut. Bangsa Mongolia baik laki-laki maupun perempuan mengenakan penutup kepala berbentuk kerucut atau turban yang berbahan bulu musang.

image

image

image

image

Wallahu a’lam.

Author:

di blog ini tempatku berbagi

9 thoughts on “Mengenal Bangsa Mongolia (bagian 3)

  1. Pengetahuan yang baik untuk kongsian bersama tentang bangsa Monggol. Kehidupan yang bebas lepas dalam dunia persekitaran yang luas menjadikan cara hidup mereka sangat keras dan bersatu dengan alam.

    Mereka perna menakluk beberapa wilayah negara Islam suatu ketika dahulu sangat sangat bijak dalam strategi peperangan. Mereka sangat cekal mengharunsi kehidupan mereka.

    Salam ceria.๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s