Posted in Kesehatan

Tidur Siang

image

Bismillah

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur, karena tidur sangat penting untuk kesehatan yang merupakan keadaan istirahat alami pada manusia.

Perlu Anda ketahui, bahwa tidur siang rupanya tidak kalah pentingnya dari tidur di malam hari. Tidur siang yang berkualitas, sekitar 20-30 menit, sangat banyak manfaatnya untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Dari banyaknya penelitian yang dilakukan oleh orang-orang Eropa dan Amerika di zaman ini, tidur siang ini dapat meningkatkan produktivitas kerja. Secara umumnya, tidur siang dapat membantu menyegarkan pikiran dan untuk membangkitkan semangat melakukan aktivitas berikutnya.

Tidur siang sangat baik dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Ironisnya, di zaman ini, ada faktor unik yang menghalangi anak-anak istirahat di siang hari, yang mana bukan hanya datang dari diri mereka sendiri. Bahkan terkadang, ada orangtua yang justru menghasung anak-anaknya untuk menyibukkan waktunya dengan segudang kegiatan, tanpa perlu istirahat siang.

Urgensi tidur siang sangatlah penting, selain dari sisi kesehatan, tidur siang juga merupakan sunnah Islam yang diajarkan dan dilakukan oleh Rasulullah. Beliau memerintahkan kita untuk tidur siang. Rasulullah bersabda :

Qailulah-lah (istirahat sianglah) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim dalam Ath-Thibb, dikatakan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah No. 1637 : isnadnya shahih).

Hingga, Anas bin Malik mengabarkan kebiasaan para sahabat Rasulullah sebagai berikut :

“Mereka (para sahabat) dulu biasa melaksanakan shalat Jum’at, kemudian istirahat siang”. (HR. Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad no.1240).

Bahkan, ‘Umar bin Khaththab juga melakukan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah diatas, sebagai berikut :

“Biasanya ‘Umar bila melewati kami pada tengah hari atau mendekati tengah hari mengatakan, “Bangkitlah kalian! Istirahat sianglah! Yang tertinggal menjadi bagian untuk setan”. (HR. Bukhari dalam Al-Adabul Mufrad No.1239).

Lihatlah, bagaimana pentingnya fungsi tidur siang bagi manusia. Seandainya hal ini (tidur siang) tidak ada manfaatnya bagi tubuh, tentunya Rasulullah tidak akan menyuruh kita untuk melakukannya.

Di masa sekarang

Di Jepang, yang masyarakatnya dikenal sebagai pekerja keras, punya kebiasaan tidur siang disela-sela kesibukan kerjanya. Menurut Profesor James Maas dari Cornell University – Amerika, kebiasaan orang Jepang itu lantaran mereka tahu persis manfaat tidur siang bagi kesehatan. James Maas mengungkapkan kebanyakan orang Jepang cenderung menyisihkan waktu sekitar 20-30 menit setiap hari untuk tidur siang, dengan demikian mereka mampu mempertahankan bobot tubuh yang ideal, beberapa perusahaan sengaja menyediakan tempat untuk tidur siang yang mereka sebut inemuri bagi karyawannya.

Di Yunani, penelitian yang dikepalai oleh Dr. Dimitrios Trichopoulos, mengatakan tidur di siang hari sebentar bisa mengurangi kemungkinan KEMATIAN akibat serangan jantung. Penelitian ini juga menunjukkan, mereka yang tidur siang selama setengah jam paling tidak tiga kali dalam seminggu, 37% lebih rendah dari terkena serangan jantung, dibanding dengan mereka yang tidak tidur siang.

Di Inggris, para ilmuwan yang tergabung East of England Development Agency (EEDA) memaparkan manfaat tidur siang untuk kesehatan jantung. Hasil riset mereka menunjukkan manusia bisa bekerja lebih kreatif justru dengan menambah sedikit jam tidurnya pada waktu siang.

Harus diakui bahwa tidur merupakan perkara penting dalam kehidupan. Selama tidur, semua fungsi organ tubuh cenderung melamban, pada saat itu sel dan jaringan yang aus dan rusak dipulihkan. Tubuh kita memerlukan kecukupan waktu untuk istirahat (tidur) dari berbagai aktivitas yang melelahkan.

Hal terpenting yang harus dipersiapkan selepas tidur siang, apalagi jika dilakukan disela-sela pekerjaan rutin adalah apa yang dinamakan Sleep anertia, yakni rasa grogi dan dis-orientasi. Cara untuk mengatasinya disarankan untuk berdiam beberapa menit setelah bangun dari tidur siang, dilanjutkan dengan membasuh muka dan duduk rileks sambil meminum air putih. Anda selanjutnya bisa kembali bekerja dan rasakan khasiat dari tidur siang sebelumnya.

Usahakan agar tidur siang Anda tidak terganggu oleh apapun (rileks), sebab jika terganggu tiba-tiba, hal ini sama sekali tidak ada manfaatnya. Justru pada sebagian orang akan menimbulkan rasa pusing.

Wallahu a’lam.

Author:

di blog ini tempatku berbagi

4 thoughts on “Tidur Siang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s