Posted in Android, Teknologi, Tips, Xperia

Xperia X10i Hardware Failure

image

Bismillah

Apa sih maksud dari judul di atas?

Sebelum membahas maksud dari judul artikel, bisa disebut artikel kali ini sebagai curhat yang telat. Bagaimana bisa dikatakan curhat yang telat? Saking setianya menemani saya beraktivitas sehari-hari, si ponsel Xperia X10i tidak pernah saya sebut sepak terjangnya diberbagai artikel yang pernah saya posting.

Curhat saya yang telat itu sebenarnya adalah tentang ‘penyakit’ si Xperia X10i ini. Bahkan diberbagai forum-forum luar maupun dalam negeri, ternyata banyak pengguna smart phone Xperia seri ini mengalami nasib yang sama dengan apa yang saya alami, yakni mengalami Overheating, yang mengakibatkan Xperia X10i restart sekali hingga berulang kali (pernah saya coba menghitungnya, ternyata pada saat Overheating sanggup me-restart dengan sendirinya hingga 13 kali tanpa menyentuh si Xperia X10i misal, tanpa melepas Batrenya yang sangat panas).

image

Hal ini disebut oleh para pengguna maupun pihak Sony Ericsson (sekarang Sony) sebagai Hardware Failure saat si Xperia X10i dengan atau tidaknya berbagai aplikasi di ‘genjot’ secara bersamaan, hingga akhirnya smart phone Xperia seri ini menjadi Overheating.

Yang saya rasakan saat Xperia X10i sedang me-restart karena Overheating :

1. Batre dan Back Cover panas.

2. Layar Xperia X10i juga panas.

3. Saya pun ikut-ikutan ‘panas’ (kesal atau merasa jengkel).

Solusi yang biasa saya lakukan :

1. Memasukkannya ke dalam kulkas 5 hingga 10 menit.😥

2. Menaruhnya di lantai (dalam keadaan batre terpisah dari ponsel).

3. Flashing ulang software (sudah puluhan kali).

Dan hasilnya tetap sama, restart dengan sendiri jika si Xperia X10i sudah kadung panas luar dalam.

Padahal, oleh para pengguna yang sudah melewati masa-masa kritis ini, bahwa jika dalam kondisi seperti dijelaskan diatas maka Mainboard pada Xperia X10i harus diganti pada servis resmi Sony Ericsson (sekarang Sony) yang mana Xperia beserta IMEI pada Xperia mereka sudah diganti baru jika setelah diservis. Nah, pertanyaannya berapa biayanya jika si Xperia X10i ini sudah tidak bergaransi seperti milik saya? Apakah ganti Mainboard sebanding dengan beli Xperia baru?

Bagi saya saat ini adalah membiarkan hal ini terjadi tanpa perlu mengganti Mainboard adalah solusi terbaik. Mungkin sudah saatnya si Xperia X10i milik saya harus pensiun. Toh insya Allah jika ada kelebihan rezeki, saya akan meminang smart phone yang lain.

Wallahu a’lam.

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

