Posted in Kesehatan, Perihal, Tips

Tips Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

image

Bismillah

Pernahkah Anda mendengkur? Beberapa diantara Anda pembaca artikel ini mungkin ada yang menjawab dengan tidak. Yup, karena Anda tidak dapat mendengar dengkuran yang Anda hasilkan.

Bagi sebagian pria, tidur mendengkur adalah hal yang biasa, dan lumrah, apalagi bagi sesama pria. Namun jika Anda sudah berpasangan atau hidup tidak sendiri alias hidup bersama dengan orang lain, kebiasaan kita tidur mendengkur, bisa menjadi hal yang mengganggu, apalagi bagi orang yang tidur didekat Anda.

Pengertian Mendengkur

Mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Umumnya suara tersebut dihasilkan saat seseorang bernapas (biasanya dihasilkan ketika menarik napas) selama tidur yang pada gilirannya menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan uvula (benda yang menggantung di bagian belakang tenggorokan).

Mendengkur atau ngorok merupakan salah satu gejala gangguan serius yang disebut Obstructive Sleep Apnea (OSA) yakni gangguan dimana pernapasan sering terganggu dalam interval singkat selama tidur, mengakibatkan penurunan kadar oksigen darah dan ketidaknyenyakan tidur.

Nah, bagaimana mengatasi kebiasaan mendengkur yang Anda alami? Berikut hal-hal positif yang insya Allah bisa menghilangkan kebiasaan tersebut :

1. Ubah Posisi Tidur

Kebanyakan kasus mendengkur adalah posisi tidur terlentang atau wajah menghadap keatas. Hal ini menyebabkan posisi lubang pernafasan, akan menjadi lebih lebar, namun juga akan terhambat oleh selaput lendir dalam hidung. Cobalah untuk mengubah posisi tidur Anda.

2. Turunkan Berat badan

Berat badan berlebih baik akibat terlalu banyak makan atau situasi medis terkait seperti gangguan tiroid adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap mendengkur. Jika penyebabnya ini, maka penurunan berat badan dengan olah raga dan diet sehat bisa memberikan kontribusi yang baik dalam mengatasi dengkuran.

3. Berhenti Merokok

Merokok juga memberi andil besar dalam masalah dengkuran kaum pria. Penelitian menunjukkan saat merokok, pria akan meninggalkan jejak residu nikotin didalam saluran pernafasan. Dan residu nikotin ini memberi sedikit banyak andil dalam mempersempit atau mengurangi kelancaran jalannya nafas saat tidur.

4. Berhenti Konsumsi Alkohol

Alkohol menyebabkan terlalu besarnya relaksasi saluran napas selama tidur serta membuat suara dengkuran semakin keras. Kondisi ini yang membuat peminum alkohol lebih rentan mendengkur.

5. Bersihkan Lubang Hidung

Banyaknya kotoran hidung atau biasa disebut upil ternyata juga dapat menjadi masalah jika tidak dibersihkan. Dengkuran, ditambah dengan sempitnya lubang pernafasan karena kotoran hidung, akan semakin memperkeras suara dengkuran yang dihasilkan.

6. Gunakan Alat Bantu Berhenti Mendengkur

image

Anda juga bisa menggunakan alat bantu berhenti mendengkur, yang saat ini banyak terjual dipasaran. Alat ini bernama “Snore Stopper”. Bentuknya kecil, berbentuk cincin, dan dipasang di hidung, pada saat tidur.

Wallahu a’lam.

(Sumber 1)

(Sumber 2)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s