Posted in Bebas, Finansial, Perihal, Teknologi, Tips, Tips Motor

Memilih Busi Yang Tepat Untuk New Jupiter MX

image

Bismillah

Artikel ini saya peruntukkan buat bikers New Jupiter MX. Sebagai pengguna motor yang pakai harian, mau tidak mau saya dituntut untuk lebih ekstra memperhatikan tunggangan ‘kuda besi’ agar tidak repot kemudian hari.

Saat motor New Jupiter MX (disingkat NJMX) berada pada 7084 Km, saya merasa ada elemen motor yang perlu diganti (mumpung masih ada uang untuk menggantinya).

image

Setelah melihat pada buku servis, ternyata tertera bahwa tiap 6000 Km lebih, maka elemen busi harus diganti. Tapi menurut pengalaman para bikers, ganti busi tidaklah harus sesuai yang tertera pada buku servis.

Nah disini timbul masalah, sejak pertama kali beli, saya belum pernah ganti busi bawaan NJMX, masalahnya busi apa yang harus saya beli?

Ada beberapa bikers di berbagai blog menyarankan agar jangan sampai SALAH dalam memilih busi untuk motor. Sebab efeknya pada performa motor yang kurang baik di kemudian hari.

Terus, jenis busi yang mana yang pas buat motor New Jupiter MX?

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa busi kedua motor besutan Yamaha yakni New Jupiter MX dan V-ixion itu sama. Wajar saja muncul opini seperti itu mengingat New Jupiter MX dan V-ixion memakai basis mesin yang sama, perbedaannya hanya pada Kop Silinder yang menjadikan NJMX berbeda cc*[1] dengan V-ixion.

image

Ada baiknya Anda pembaca artikel ini, yang mempunyai motor NJMX membuka-buka lagi serta membaca buku petunjuk dari motor Anda. Disana tertera bahwa busi standar untuk motor NJMX adalah NGK CPR8EA-9 atau DENSO U24EPR-9.

Bagaimana dengan busi standar untuk motor V-ixion? Juga bisa dibaca pada buku petunjuknya bahwa busi yang dipakai adalah NGK CR8E atau Denso U24ESR-N.

image

Secara fisik kedua busi diatas hampir mirip, perbedaan bisa terlihat pada bagian ground elektroda dan insulatornya. Busi buat V-ixion pada bagian bawah sedangkan NJMX bagian atas. Dimana ground elektroda dan insulator pada busi buat V-ixion ukurannya lebih pendek. Beberapa bikers membedakan nama busi dengan huruf ‘P’ buat NJMX dan busi tanpa huruf ‘P’ buat V-ixion (lihat kode busi diatas).

image

Pengalaman seorang blogger bahwa jika motor yang menggunakan busi standar dengan huruf ‘P’ terus dipaksakan memakai busi tanpa huruf ‘P’ maka suara mesin jadi keras, motor jadi kurang bertenaga, juga mesin jadi cepat panas. Kenapa bisa demikian? Contoh disini adalah New Jupiter MX dan V-ixion, walaupun basis mesin keduanya memakai jenis yang sama tapi tidak pada dapur pacunya. Jadi saran terbaik adalah ketahuilah perbedaan kedua jenis busi diatas sesuai dengan standar motor yang Anda punyai.

Berikut penampakan busi bawaan NJMX punya saya pada 7084 Km :

image

image

Wallahu a’lam.

Catatan kaki :

[1] cc adalah satuan volume singkatan dari centimeter cubic. Pada mesin motor, cc adalah satuan volume silinder pada sebuah mesin. Terus bagaimana cara mengetahui kalau sebuah motor punya besaran cc, misal 110 cc, 115 cc, 125 cc, 135 cc, 150 cc dan lain sebagainya?

Berikut rumusnya :

Vs = (3,14 x D2 x S) / 4

Vs = Volume silinder

D = Diameter silinder

S = Langkah piston dari titik mati atas ke titik mati bawah (panjang strok)

Contoh New Jupiter MX 135 cc

Spesifikasi :

Diameter x langkah » 54,0 x 58,7
mm

dari rumus :

Vs = (3,14 x D2 x S) / 4

menjadi :

Vs = (3,14 x 54,0 x 54,0 x 58,7) / 4

hasilnya :

134.367.82

dibulatkan menjadi 135 cc

Author:

di blog ini tempatku berbagi

5 thoughts on “Memilih Busi Yang Tepat Untuk New Jupiter MX

    1. Kalo dibuku Garansi dan Servis New Jupiter MX sih ganti busi saat 7000km. Punya ane sih di knalpot udah nembak2, makanya diganti. Fyi, dus busi bukan warna kuning seperti pada gambar diatas. Sekarang udah berwarna merah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s