Posted in Bank, Finansial, Tips

5 Tips Mengurangi Beban Utang

image

Bismillah

Sebagian besar dari kita pastilah punya utang. Mungkin utang untuk kredit rumah, kredit kendaraan, atau pinjam uang ke bank. Yang menjadi masalah adalah jika beban utang tersebut tidak terkendali, sementara sumber pemasukan sedang seret. Pastilah Anda akan dibuat pusing tujuh keliling memikirkan beban utang ini.

Lalu bagaimana solusi agar beban utang tersebut berkurang??

1. Identifikasi Utang dan Buat Prioritas

Anda harus tahu apa saja hutang yang menjadi beban Anda selama ini. Catat semua utang tersebut dan urutkan nominal tagihan utang tersebut dari yang terbesar sampai yang terkecil. Sertakan juga suku bunga masing-masing.

Berikutnya, ada 3 (tiga) metode yang bisa dipilih :

– Prioritaskan untuk membayar hutang yang kecil. Sedang untuk hutang yang besar bisa dibayar minimal.

– Prioritaskan untuk membayar hutang yang jatuh temponya lebih cepat.

– Prioritaskan untuk membayar hutang yang suku bunganya paling tinggi.

2. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Kecuali Anda benar-benar terpaksa, baru Anda boleh lakukan ini. Namun usahakan semaksimal mungkin agar Anda tidak membayar utang hasil dari utang. Karena itu akan membentuk mata rantai yang tak habis-habis yang pasti akan membuat Anda kian pusing.

Begitupun dalam pemilihan tempat berhutang kalau memang benar-benar terpaksa harus berhutang untuk bayar utang, sebaiknya pilih berhutang ke teman atau saudara. Baru jika tidak dapat, terpaksa Anda harus pinjam ke bank atau pakai kartu kredit.

Saat hendak berhutang inipun sebaiknya Anda punya gambaran bagaimana nantinya skenario pembayaran utang tersebut bisa dilunasi semua.

3. Minta Jadwal Ulang Pembayaran Utang

Jika memungkinkan, Anda bisa meminta kepada kreditur untuk menjadwal ulang pembayaran utang tersebut. Hal ini setidaknya bisa sedikit membuat Anda bernafas.

Namun jangan kemudian berleha-leha. Jika penjadwalan ulang utang Anda tersebut, Anda harus segera cari cara agar pembayaran tersbeut nantinya bisa kembali lancar.

4. Tingkatkan Pendapatan

Hanya terfokus pada bagaimana cara membayar utang, tanpa berusaha meningkatkan pendapatan sama saja tidak ada artinya. Untuk itu, Anda harus berusaha meningkatkan pendapatan Anda. Mungkin dengan mulai mencoba usaha sampingan atau mencari tambahan job dan lainnya. Yang penting, pendapatan Anda bisa meningkat agar beban utang tersebut bisa terkurangi.

5. Jual Aset

Jika pada titik tertentu, tak ada lagi jalan yang mungkin ditempuh, terpaksa Anda harus jual aset yang Anda miliki. Ini cara terakhir yang harus ditempuh jika sudah tidak ada sumber dana yang bisa diharapkan untuk menutup utang Anda dan pembayaran hutang tersebut sudah tidak dapat ditunda lagi.

Wallahu a’lam.

(sumber)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s