Posted in Kesehatan, Tips

Cegukan dan Cara Mengatasinya

image

Bismillah

Entah kenapa malam ini sebelum membuat artikel ini, saya mengalami cegukan mendadak. Apakah pengaruh makan yang berlebihan? Mungkin saja hanya Allah Yang Maha Tahu. Kali ini saya mau membagi tips mengatasi cegukan.

Istilah medis untuk cegukan adalah singultus (bahasa inggris : hiccup, hiccough), yaitu gangguan pada sistem pernafasan, dimana terjadinya kontraksi otot-otot pernapasan (diapraghm spasms) yang menyebabkan timbulnya gerakan menarik nafas tiba-tiba diikuti dengan menutupnya epiglottis (katup saluran pernafasan) secara tidak normal (Gambar 1 diatas), sehingga menimbulkan efek suara yang khas.

Penyebab cegukan diantaranya adalah makan yang berlebihan (terlalu kenyang), minum minuman berkarbonasi, perubahan suhu lingkungan yang mendadak dan akibat faktor emosional seperti menangis dan histeria.

Setelah mengetahui hal diatas, maka kini saya akan membagikan tips cara mudah mengatasi cegukan.

Siapkan segelas air putih.

Ambil posisi berdiri, jangan duduk !

Minumlah air tersebut sehingga rongga mulut Anda terisi oleh air tersebut. *Tapi ingat, jangan dulu ditelan airnya ! Biarkan mulut Anda mengembung.

Secara perlahan, bungkukkanlah badan Anda ke bawah, ke arah lutut, sampai muka Anda seolah-olah mencium lutut (sambil menahan rongga mulut Anda yang terisi air/mengembung tadi).

Setelah wajah Anda sampai ke lutut, tahanlah posisi bungkuk sekitar 5 hingga 15 detik. Lalu secara perlahan pula, angkatlah kembali badan Anda ke posisi berdiri seperti semula, sembari sedikit demi sedikit telanlah air di dalam rongga mulut Anda tadi.

Nah, saat posisi badan Anda kembali tegak berdiri, pastikan air yang di dalam rongga mulut tadi sudah habis tertelan. Insya Allah cegukan akan berhenti. Selamat mencoba.

Wallahu a’lam.

(sumber 1)

(sumber 2)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

One thought on “Cegukan dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s