Posted in Android, Teknologi, Tips

Tips Membedakan Samsung Galaxy Note II GT-N7100 Original dengan yang PALSU

image

Bismillah..

Sudah cukup lama saya tidak posting artikel sejak Xperia mengalami kerusakan hardware. Alhamdulillah saat ini saya mempunyai waktu luang untuk menuangkan materi ke bentuk artikel. Dan sudah lama juga saya tidak memposting artikel tentang Android.

Kali ini saya memposting artikel berkenaan dengan Smart Phone dan Tablet atau biasa disingkat Phablet Samsung Galaxy Note II dengan seri GT-N7100. Di artikel kali ini, saya membandingkan antara Samsung Galaxy Note II Original dan yang Replika. Artikel ini bukan bertujuan promosi produk tetapi sebagai bahan referensi bagi Anda yang ingin membeli Samsung Galaxy Note II Original.

Kalo ada yang mengatakan, ‘ah gampang kok membedakan antara yang Original dengan yang Replika’. Maka saya katakan, ‘jika tidak teliti secara cermat, maka Anda sebagai buyer akan tertipu saat membeli produk yang masuk kategori (mahal) ini’ yang mana saat ini atau ke depan Replika produk ini banyak beredar di Indonesia.

Secara garis besar terdapat 2 (dua) pemeriksaan sebelum Anda membeli Samsung Galaxy Note II sebagai berikut :

1. Perbedaan Fisik (Hardware)

a.) Jika dilihat Samsung Galaxy Note II Replika ini, jarak layar dengan end line dan tombol home screennya cukup lebar. Berarti bisa disimpulkan bahwa Samsung Galaxy Note II Replika mempunyai ukuran layar yang lebih kecil daripada produk Original. Mengingat ukuran Samsung Galaxy Note II Original dan Replika adalah sama, makanya biasanya Samsung Galaxy Note II Replika bisa menggunakan back cover yang Original. (Lihat gambar dibawah)

image

Gambar paling atas adalah Samsung Galaxy Note II Original yang telah beredar di Indonesia. Dan Gambar kedua adalah Replika yang juga telah beredar, serta gambar paling bawah adalah Replika yang ‘akan beredar’ beberapa waktu lagi. Gambar paling bawah lebih mirip dengan gambar pertama yang ukuran layarnya 5,55 inci serta jarak layar dengan end line nya lebih sempit dan nyaris mirip dengan yang Original. sedangkan gambar kedua kebanyakan yang berukuran 5,3 inci.

Untuk lebih jelasnya, mari lihat gambar Samsung Galaxy Note II Original dibawah ini yang mana ukuran layar diagonalnya adalah 5,55 inci. Terlihat juga bahwa jarak layar serta end line nya begitu sempit hanya sekitar 0,2cm.

image

b.) Perbedaan berikut adalah PIN yang ada ketika back cover dibuka. Ada 2 (dua) macam PIN yang terdapat pada Samsung Galaxy Note II Original yang ‘belum’ tentu ada pada yang Replika. Saya beri tanda kutip karena, bisa saja PIN tersebut ada pada produk Replika. Namun walaupun PIN itu ada pada produk Replika, itupun tidak berfungsi alias hanya sebagai hiasan. (Lihat gambar dibawah)

image

c.) Perbandingan selanjutnya adalah bentuk S-Pen. Berikut perbedaan yang harus diperhatikan, cukup mencolok sekali. Tetapi untuk Samsung Galaxy Note II Replika ‘yang akan beredar’ hampir mirip dengan S-Pen Original ukuran dan dimensinya sama, ujungnya plastik berwarna hitam tetapi tidak empunyai fitur air view. Berhati-hatilah dengan Samsung Galaxy Note II Replika yang satu ini, sebab S-Pen Original dapat masuk ke slotnya. Jadi memungkinkan untuk mengelabuhi Anda sebagai buyer dengan cara seller menggunakan S-Pen Original, mengingat harga S-Pen yang begitu terjangkau. (Lihat gambar dibawah)

image

d.) Selanjutnya adalah warna. Samsung Galaxy Note II yang Replika pada ‘umumnya’ berwarna putih atau Marble White. Dan banyak seller di dunia maya yang hanya memajang gambar warna putih. Karena warna Marble White mudah untuk di copy daripada warna Titanium Grey. Selama yang saya tau, Samsung Galaxy Note II Replika warna Titanium Grey sama sekali tidak mirip dengan warna aslinya. (Lihat gambar dibawah)

image

2. Perbedaan Fitur (Software)

a.) Kalo Anda mencoba fitur Samsung Galaxy Note II Replika, baru terlihat jelas perbedaannya. Perbedaannya bagaimana? Cara membedakannya adalah Anda masuk ke Setting dan scroll ke bawah apakah ada fitur Motion, S-Pen dan One Hand Operation. Dan jangan lupa agar Anda mencoba menu Motion nya tersebut. Di menu Motion ada tutorial pemakaian Motionnya. Setau saya, Samsung Galaxy Note II yang Replika tidak mempunyai menu opsi ini. (Lihat gambar dibawah)

image

b.) Samsung Galaxy Note II Replika mempunyai Antutu Benchmark yang telah di hack, sehingga menghasilkan score yang mirip dengan Samsung Galaxy Note II Original. Meng-install CPU Identifier pun juga tidak membantu. Perlu di ingat bahwa produk Samsung Galaxy Note II yang Original bisa menggunakan versi Antutu Benchmark versi terbaru.

Kesimpulan :

1. Perhatikan dengan seksama Warna dan ukuran layar

2. Jarak antara layar dan end line Samsung Galaxy Note II Original sangat sempit, dan semakin sempit semakin terlihat borderless

3. Harap di cek fitur dalam settingnya, apakah ada Motion, S-Pen, One Hand Operation dll

4. Cek juga kelengkapannya Samsung Galaxy Note II Original Marble White maupun Titanium Grey, Wall Charger dan Kabel USB nya serta Hands Free kesemuanya berwarna putih, dan hanya ada 1 baterai.

Wallahu a’lam.

(sumber)

[Tips membedakan Samsung Galaxy Note 3 Original dan Palsu]

Author:

di blog ini tempatku berbagi

29 thoughts on “Tips Membedakan Samsung Galaxy Note II GT-N7100 Original dengan yang PALSU

  1. Iya hati-hati, temen ane beli gnote2 gak ada fitur motionnya kek gitu, harganya sama kek yg asli padahal kalo berdasarkan info ini ya dipastikan replika.

  2. satu lagi gan, didalamnnya itu fiturnya bener2 hape cina, dari gambar, (resolusi, kerapataanya) beda jelas, dan jika anda buka email atau apapun tuh, walaupun bener tp gak bakal bisa masuk gan alias valid, trims

  3. yg paling penting, mencolok dan blm bisa d tiru hp cina pada SGN2 yaitu pada saat kta mendekatkan ujung spen ke layar akan muncul lingkaran bulat kecil pd daerah yg kta dekatkan.

  4. sy ingin bertanya saya ada samsung galaxy note II,tapi sy agak pelik stiker di body belakang menunjukan samsung made in korea by samsung. tapi sy beli SME Set sebab imei Boleh di daftarkan dekat samsung center warranty selama setahun.ada siapa2 boleh beri jawapan bekaitan stiker pada body handphone??

  5. walah2…emes ane uda beli hrga skitar 1,5jutaan tuh di arab..tnggu pulang aje dah jd was2 pgn tau
    tp uda kmgkinan besar clone versi nih

    thanks gan infonya

      1. saya juga barusan beli cod…yang buat saya kecewa kenapa tdk muncul 4G pdhal support dan sinyal kartunya kadang hilang2 alias sos kenapa ya ? bs di servis tdk ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s