Posted in Internet, Perihal, Teknologi, Tips

Perihal Mengisi Captcha

image

Bismillah

Apakah itu Captcha? Kenapa harus ada Captcha? Apa fungsi dari Captcha? Apakah mengetik Captcha itu penting? Kok ribet sih? Yup begitulah pertanyaan yang sering saya dengar dari yang belum mengerti fungsi mujarab dari Captcha. Berikut penjelasannya :

Captcha yang merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah sejenis challenge-respons untuk memastikan bahwa respon yang Anda hasilkan dibuat oleh manusia dan bukan komputer. Dengan arti kata lain, Captcha adalah pengesahan kata ujian yang dimasukkan dari suatu bentuk sign-up seperti sign up akun Gmail, Yahoo, Facebook ,twitter, kaskus dan banyak lagi.

image

Setiap pengguna internet akan mempunyai pengalaman dengan Captcha dan mereka terpaksa wajib mengisinya walaupun ada beberapa yang menganggap bahwa Captcha tersebut sangat menyusahkan, tetapi tidak semua yang menyadari tentang fungsi penggunaan Captcha ini. Jadi dengan Captcha, Anda dapat memastikan bahwa pengisi formulir (misal e-mail) adalah benar-benar seorang manusia, yang mana program komputer akan kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yang bengkok-bengkok, bertumpuk, kabur sementara manusia (agak) mudah membacanya. Seperti ini salah satu Captcha-nya.

image

Mengapa Harus Mengisi Captcha???

Saat tidak ada Captcha, spammer/hacker sanggup membuat program yang secara otomatis mengisi formulir, seperti ndaftar email gratis, sehingga ia akan mempunyai ribuan alamat email dengan mudah agar kemudian disalahgunakan. Atau ditujukan mengubah sebuah hasil akhir polling online, dengan cara membuat program sederhana pengisi polling tersebut dengan jawaban yang diinginkan sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali.

image

Akibatnya polling itu menjadi tidak valid. Disinilah Captcha sangat berperan penting untuk memastikan bukan komputer yang mengisi formulir-formulir online, melainkan seorang manusia, karena komputer tidak akan bisa membaca huruf-huruf bengkok, bertumpuk, saling menyambung.

Captcha terbentuk secara otomatis secara acak tiap kali ada orang yang masuk halaman formulir web, jadi hampir tidak ada dua Captcha yang serupa. Sehingga jumlah kombinasi yg muncul suangat-suangat buanyak, dan hampir tidak mungkin untuk membuat program yang mampu mengingat dan menjawab Captcha yang akan muncul. Untuk yang cacat mata juga ada Captcha versi audio, dengan prinsip yang kurang lebih sama.

Fungsi Pokok Dari Captcha :

image

1. Mencegah Comment Spam

Pada umumnya Pemilik web/blog/dll tidak hanya ingin komment webnya terlihat bagus dalam penampilan, kuantitas tapi tentu kualitas.

2. Mencegah Spam Bot

Tau sendirikan bot tak bisa membaca Captcha, karena string string pemrogramannya sudah tetap. Tidak mungkin Capthca yang setiap saat berubah dapat dibaca kecuali kalau bot itu berasal dari engine Blog itu sendiri.

3. Mencegah Flood

Siapa yang ingin web atau blognya di Flood? Kecuali flood like tapi kalau flood kata kata yang tidak pantas yang banyak siapa yang mau coba?? *Flood adalah mangirimkan data secara berulang ulang.

4. Melindungi Pendaftaran Email/User (khusus webmail)

Dulu pernah kejadian Yahoo dan Google diserang semacam bot yang mendaftar email sampe ribuan! Yup, ribuan e-mail palsu.

Tips mengisi Captcha :

image

Sebelum postingan ini selesai, ada satu tips dari saya. Selain yang harus diketik cuma kata yang tercetak miring, Captcha juga mempunyai toleransi kesalahan 1 karakter asalkan jumlah keseluruhannya harus tetap sama.

Wallahu a’lam.

(sumber)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s