Posted in Motor, Tips Motor

Tips Cegah Karat Di Tangki Bensin Motor

image

Bismillah…

Musuh terberat logam adalah karat, apalagi dibagian dalam tangki bensin, gampang banget berkarat. Tapi itu semua bisa dicegah, jika Anda tahu apa penyebabnya dan rajin merawat tangki bensin tersebut. Nah buat Anda yang belum tahu, ini nih tipsnya merawat tangki bensin motor Anda agar tidak berkarat.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya hal yang menyebabkan logam bisa berkarat adalah penguapan atau dalam bahasa fisikanya disebut sebagai kondensasi*[1], yang akhirnya menimbulkan uap air. Begitu juga pada bagian dalam tangki bensin motor Anda, kadang jika sering isinya hanya menyisakan beberapa liter bensin saja di dalam tangki, embun akibat penguapan gas bahan bakar itulah yang menyebabkan karat.

Selain itu juga saat mencuci motor dengan tekanan air yang kencang, kadang air bisa merembes masuk ke dalam tangki melalui lubang udara tangki. Begitu juga dengan kualitas karet tutup tangki motor Anda, kalau kondisinya sudah tidak layak, air dapat merembes ke dalam tangki melalui celah yang ada. Nah, untuk mencegah itu semua, Anda wajib memperhatikan tips berikut :

1. Biasakan Tangki Bensin Terisi Penuh

image

Seperti pada contoh gambar diatas, isi penuh tangki bensin motor Anda, jangan sampai melebihi batas agar ada ruang untuk pemuaian saat bensin dalam kondisi panas. Juga disarankan jika kondisi tangki bensin motor Anda dalam kondisi setengah, disarankan mencari tempat parkir yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung.

2. Saat Mencuci Motor, Hindari Air Terkena Tangki Bensin

image

Jika Anda sering berlangganan disalah satu tempat pencucian motor, mulai sekarang beritahu ke orang yang mencuci motor Anda agar tangki bensin tidak disemprot air langsung. Hal ini untuk mencegah rembesan air yang masuk kedalam tangki.

3. Periksa kondisi Karet Tutup Tangki

image

Semakin lama umur motor, semakin lemah juga kondisi karet tutup tangki. Jika sudah mulai tidak kencang lagi atau malah seperti contoh gambar diatas, silakan ganti dengan yang baru, agar tangki bisa kembali tertutup dengan rapat.

4. Kuras dan Bersihkan Tangki Bensin

image

Lakukan pengurasan secara berkala, agar tidak ada unsur air juga sisa karat pada tangki.

Wallahu a’lam.

Catatan kaki :

[1] Kondensasi atau pengembunan adalah perubahan wujud benda ke wujud yang lebih padat.

(sumber)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s