Posted in Android, Internet, Teknologi

Install BlackBerry Messenger Di Android Lawas

image

Bismillah

Agar bisa menjalankan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), pihak BlackBerry memang telah mewajibkan perangkat Android dengan versi minimum 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Lantas, bagaimana dengan ponsel Android lawas yang umumnya masih mengandalkan versi
2.3 Gingerbread?

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk mengatasinya, Anda hanya cukup meng-upgrade ponsel Android milik Anda yang masih mengandalkan ‘Roti Jahe’ dengan versi yang lebih tinggi yang direkomendasikan BlackBerry, misalnya ICS.

Caranya pun beragam, dapat dilakukan melalui update resmi yang disediakan produsennya atau mengandalkan banyak custom ROM yang terdapat di internet. Namun untuk pilihan kedua sebenarnya kurang disarankan, karena selain tidak resmi, kestabilan custom ROM juga kerap diragukan.

Tapi jangan senang dulu, meski telah melakukan upgrade dengan versi Android yang disarankan oleh BlackBerry, ternyata hal tersebut belum menjamin aplikasi BBM bakal dapat digunakan. Terdapat syarat lain yang harus dipenuhi oleh ponsel Android lawas selain menggunakan versi Android yang dibutuhkan.

Selain mewajibkan minimal Android 4.0 ICS, aplikasi BBM ternyata hanya akan berjalan pada prosesor smartphone yang minimal mengandalkan arsitektur ARM v7.

Jadi pastikan ponsel Android lawas yang digunakan telah menggunakan prosesor berjenis itu sebelum memutuskan untuk meng-upgrade-nya.

Umumnya ponsel Android lama yang mengandalkan versi 2.3 Gingerbread hadir dalam 2 jenis arsitektur yakni ARM v6 dan ARM v7. Dapat disimpulkan ponsel Android lawas yang masih menggunakan prosesor berbasis ARM v6 tidak akan dapat menjalankan aplikasi BBM meskipun telah menggunakan Android 4.0 ICS.

Banyak aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk mengetahui arsitektur yang digunakan prosesor smartphone, salah satunya adalah CPU-Z.

image

Aplikasi yang dapat diinstal secara gratis melalui pasar aplikasi Google Play ini mampu secara instan menunjukan arsitektur prosesor yang digunakan sesaat setelah dijalankan. Saat pertama menjalankan CPU-Z, pengguna akan dihadapkan pada beberapa tab informasi yang terdiri dari SOC, System, Battery, dan Sensor.

Untuk mengetahui arsitektur prosesor yang digunakan, pengguna cukup memilih tab system, informasi kernel archictecture yang ada di bagian tengah akan menunjukkan arsitektur prosesor yang digunakan.

Asyiknya, bila semua syarat telah dipenuhi oleh ponsel Android lama untuk manjalankan aplikasi BBM. Pengguna pun dapat dengan mudah mendownload aplikasi BBM yang resmi lewat Google Play atau melalui bbm.com, tanpa perlu repot-repot melakukan kustomisasi pada ponsel Android yang dapat berujung pada kerusakan.

(sumber)

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s