Posted in Flora Fauna, Hewan Melata, Perihal, Renungan

Kaki Seribu dan Persepsi Salah Masyarakat Terhadap Hewan Ini

image

Bismillah

Agak lucu juga menurunkan artikel ini. Sebab yang terlintas dibenak saya adalah hewan yang bernama lain Trigoniulus corallinus ini termasuk salah satu hewan ‘favorit’ yang banyak dibenci oleh manusia pada umumnya. Di sisi lain hewan ini sudah menemani saya dari kecil bermain-main dengannya hingga sekarang saat sudah beranjak dewasa, dalam hal ini selalu hadir disetiap keseharian saya.

Hampir semua manusia di dunia ini mengetahui hewan yang namanya kaki seribu ini. Hewan ini memiliki penampilan khas yang membuatnya mudah dibedakan dari hewan-hewan lain. Tubuhnya berbentuk panjang seperti cacing yang dilengkapi dengan kaki-kaki kecil di bagian bawah tubuhnya. Sebagai akibat dari penampilannya tersebut, orang awam kerap salah membedakan antara kaki seribu dengan lipan yang kebetulan memiliki penampilan serupa tapi tak sama. Yuk kita mengenal lebih dekat dengan hewan kaki seribu ini.

Perbedaan Mendasar Dengan Lipan

Keberadaan hewan kaki seribu ini merupakan salah satu indikator yang bisa menandakan bahwa lingkungan Anda masih bagus atau sudah rusak. Hewan kaki seribu atau millipede ini termasuk ke dalam kelas Diplopoda, sebelumnya juga disebut Chilognatha adalah artropoda yang memiliki dua pasang kaki per sekmen kecuali sekmen pertama di belakang kepala, dan sedikit setelahnya yang hanya memiliki satu kaki.

Penamaan Kaki Seribu sebetulnya bukan berarti hewan ini benar-benar berkaki seribu, nama tersebut di dapat karena hewan ini memang memiliki kaki terbanyak dari semua hewan maupun serangga yang ada di muka bumi ini.

Kaki seribu memiliki sejumlah perbedaan penting jika dibandingkan dengan lipan/kelabang. Perbedaan utama yakni kaki seribu memiliki penampang tubuh yang bentuknya agak silindris, sementara lipan memiliki penampang tubuh yang bentuknya agak pipih.

image

Perbedaan lain, kaki seribu memiliki 4 buah kaki di setiap ruas tubuhnya, sementara lipan hanya 2. Ketika berjalan, kaki seribu mengombakkan kaki-kakinya secara simetris layaknya perahu dayung. Lipan di lain pihak mengangkat kaki kiri dan kanannya secara bergantian. Penampilan fisik dan cara bergerak yang dimiliki lipan pada gilirannya membuat lipan bisa bergerak lebih cepat daripada kaki seribu. Namun perbedaan antara keduanya belum sampai di situ.

Jika kaki seribu mayoritasnya adalah herbivora, maka lipan adalah hewan karnivora yang berburu dengan mengandalkan racunnya. Baik kaki seribu maupun lipan juga sama-sama memiliki sepasang antena di bagian depan kepalanya, namun lipan memiliki sepasang antena tambahan di bagian belakang tubuhnya.

image

Anatomi Tubuh Kaki Seribu

Kaki seribu ini tubuhnya dilindungi oleh kulit berbuku-buku yang sedikit keras dan biasanya berwarna dari coklat kemerah-merahan sampai kehitam-hitaman. Tubuh hewan ini berbentuk agak silindris dan panjangnya ada yang sampai sekitar 20 cm dengan diameter tubuh sekitar 1,2 cm.

image

Dibagian kepala kaki seribu di hiasi oleh dua buah ‘antena’. Seperti halnya hewan-hewan kecil yang hidup di atas tanah, kaki seribu juga rentan dimangsa oleh hewan-hewan lainnya. Beberapa contoh hewan predator dari kaki seribu adalah burung, tikus, katak, kura-kura, lipan dan kumbang. Namun, kaki seribu bukanlah hewan yang tidak berdaya sama sekali.

Sebagai bentuk pertahanan diri yang paling dasar, kaki seribu mengandalkan warnanya yang mirip dengan warna tanah agar sulit ditemukan. Ketika sedang beristirahat, kaki seribu akan bersembunyi di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh musuhnya semisal celah pohon.

Jika musuh sudah terlanjur memergoki dirinya, kaki seribu akan menggulung diri menjadi seperti bentuk oval dan menggunakan kulit tubuhnya yang keras sebagai perisai. Namun jika musuh masih bersikeras menyerang, kaki seribu akan mengeluarkan semacam cairan kuning. Efek dari cairan tersebut bervariasi, mulai dari yang sebatas berbau menyengat hingga yang bisa melepuhkan serangga. Cairan kuning itu sendiri tidak berbahaya bagi manusia selama tidak terkena mata.

image

Habitat Kaki Seribu

Hewan kaki seribu ini biasanya terdapat di tanah-tanah gembur, berhumus dan lembab. Kaki seribu juga menyukai tanah-tanah yang sedikit mengandung pupuk kimia dan lebih banyak mengandung kompos maupun pupuk kandang. Lingkungan yang gersang dan kering tidak disukai oleh hewan ini, sehingga dari indikator ini akan kelihatan apakan lingkungan di sekitar rumah Anda sudah dipenuhi oleh residu kimia atau belum.

Ada sekitar 10.000 spesies kaki seribu yang sudah diketahui oleh manusia dan semuanya termasuk dalam kelas Diplopoda. Kaki seribu (atau “millipede” kalau dalam bahasa Inggris) memiliki jumlah kaki yang bervariasi.

Perlu Anda ketahui bahwa kaki seribu menggunakan spirakel alias lubang-lubang di sisi tubuhnya untuk bernapas yang berjumlah 4 buah di setiap ruas tubuhnya. Karena kaki seribu tidak bisa menutup spirakelnya, kaki seribu bisa kehilangan banyak uap air dari dalam tubuhnya dan mati kekurangan cairan jika suhu lingkungannya terlampau tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, kaki seribu pun memilih habitat yang lembab sebagai tempat tinggalnya, misalnya di lantai hutan. Sebagai bentuk antisipasi lebih jauh, kaki seribu juga lebih banyak bermunculan pada malam hari hingga menjelang pagi hari tapi hal ini tidak menutup kemungkinan hewan ini muncul di waktu selain malam lho.

Manfaat Kaki Seribu

Mayoritas kaki seribu adalah dekomposer yang berarti hewan ini hidup dari memakan sisa-sisa tumbuhan. Kaki seribu memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan lantai hutan dan meningkatkan kesuburan tanah karena kotoran yang dikeluarkannya membantu meningkatkan kandungan zat-zat hara dalam tanah yang pada gilirannya bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan. Selain sisa-sisa tumbuhan, kaki seribu juga mau memakan lumut dan jamur.

image

Oh iya, beberapa spesies kaki seribu juga memiliki sifat omnivora alias pemakan tumbuhan dan daging di mana daging yang dimakannya merupakan daging hewan-hewan kecil semisal predator serangga.

Berkaki Banyak dan Bertelur Banyak

Kaki seribu adalah hewan berumah 2 yang berarti seekor kaki seribu hanya bisa memiliki 1 macam jenis kelamin : jantan atau betina. Kaki seribu jantan memiliki kaki khusus yang bernama “gonopod” yang fungsinya adalah untuk menampung dan menyalurkan sperma ke dalam lubang kelamin kaki seribu betina. Sesudah melakukan perkawinan, kaki seribu betina lalu menaruh telur-telurnya ke dalam tanah di mana jumlah telur yang dikeluarkan bisa mencapai 2.000 butir. Sebagian spesies kaki seribu betina bisa kawin dan bertelur berkali-kali, sementara sebagian lainnya hanya bisa bertelur sekali dan sesudah itu mati.

image

Kaki seribu yang baru menetas tubuhnya berwarna pucat dan hanya memiliki kaki berjumlah 3 – 4 pasang. Namun seiring dengan pertumbuhannya, bayi kaki seribu tersebut akan mengalami pergantian kulit dan pertambahan jumlah kaki. Makanan dari bayi kaki seribu pada dasarnya tidak berbeda dengan kaki seribu dewasa. Kaki seribu muda juga kerap memakan kulitnya sendiri sesudah melakukan pergantian kulit. Karena kaki seribu memiliki ukuran yang bervariasi antar spesies, usia maksimalnya pun bervariasi pula. Spesies A. Gigas selaku spesies kaki seribu terbesar di dunia memiliki usia maksimal 7 tahun.

image

Sekilas Tentang Kaki Seribu Dari Penulis

Kaki seribu bukanlah hewan yang mematikan bagi manusia dan sebaiknya dibiarkan hidup jika tidak mengganggu karena peran pentingnya dalam menjaga kesuburan lingkungan. Namun kenyataannya, hewan ini masih kerap dibunuh secara sengaja.

Entah karena manusia merasa takut dan jijik dengan penampilannya atau karena manusia yang membunuhnya tidak bisa membedakan kaki seribu dengan lipan yang memang beracun. Di rumah-rumah yang memiliki pekarangan, kaki seribu kadang-kadang terlihat berkeriapan di dalam rumah karena mereka menghindari hujan dan mencari tempat teduh.

Kaki seribu ini pada zaman penulis kecil dekade 90-an menjadi salah satu mainan favorit anak laki-laki selain mainan-mainan buatan pabrik yang harganya mahal oleh orang tua. Imajinasi dunia anak-anak seusai saya pada waktu itu tentang kaki seribu ini lebih ke seperti kereta api yang hilir mudik mengangkut penumpang, walaupun kaki seribu ini sering kali ‘ngambek’ dengan melingkarkan tubuhnya membentuk oval karena banyak disentuh oleh tangan anak-anak.

image

Di perkotaan saat ini sudah sulit menemukan hewan ini apalagi yang berukuran sampai 20 cm, jika pun ada ukurannya hanya sebesar lidi dan panjangnya sekitar 1,5 cm. Kaki seribu kecil ini biasanya banyak di jumpai di dalam pot bunga yang tanahnya subur. Dan syukur Alhamdulillah di tempat saya bermukim sekarang banyak dijumpai kaki seribu yang berukuran sedang hingga agak besar.

Ingatlah, bahwa tidak ada satupun ciptaan Allah azza wa jalla dimuka bumi ini yang diciptakan dengan sia-sia sebagaimana firmanNya :

إِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَ الْأَرْضِ وَ اخْتِلاَفِ اللَّيْلِ وَ النَّهَارِ وَ الْفُلْكِ الَّتِيْ تَجْرِيْ فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَ مَا أَنْزَلَ اللهُ مِنَ السَّمَاء مِنْ مَّاء فَأَحْيَى بِهِ الْأرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَ بَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَآبَّةٍ وَ تَصْرِيْفِ الرِّيَاحِ وَ السَّحَابِ الْمُسَخِّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَ الْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُوْنَ

Sesungguhnya pada kejadian semua langit dan bumi dan perubahan malam dan siang d an kapal yang berlayar di lautan membawa barang yang bermanfaat bagi manusia, dan apa yang diturunkan Allah dari langit dari ada air, maka dihidupkanNya dengan (air) itu bumi, sesudah matinya, seraya disebarkanNya padanya dari tiap-tiap jenis binatang, dan peredaran angin, dan awan yang diperintah di antara langit dan bumi adalah semua­nya itu tanda-tanda bagi kaum yang berakal (Al Baqarah 164).

semoga bermanfaat..

Wallahu a’lam.

buat teman-teman BBM yang sudah membaca artikel ini silahkan isi komentar kalian dibawah.

Daftar Pustaka :

sumber 1

sumber 2

sumber 3

sumber 4

Author:

di blog ini tempatku berbagi

12 thoughts on “Kaki Seribu dan Persepsi Salah Masyarakat Terhadap Hewan Ini

  1. Di halaman belakang rumah saya sudah keterlaluan banyaknya sampai seringkali masuk kedalam rumah. Entah sudah berapa ratus ekor saya bunuhin namun tidak pernah habis. Kira2 kalau piara ayam atau ikan lele mau nggak makan kaki seribu ini ya?

  2. Dimana mas? Saya sedang mencari kaki seribu ini klo ada yg berukuran sedang saja,mohon bantuannya 54aa7667 pin saya

  3. di lingkungan perumahan sy bnyk tuch kaki seribu,ukuranny kecil. plg bnyk nongol mlm hari & pd wkt hjn. smp masuk rmh..! tdk hny 2_4 ekor..bs lbh dr 10 ekor.
    yg ditakutkan masuk ke dlm telinga,kr anak2 sy sering tidur di bwh (karpet).
    bgmn mengatasiny dg aman& jitu..?

  4. mas di depan rumah saya juga banyak sekali kaki seribu.. anak saya sampai banyak mematikan hewan itu karna takut masuk ke dlm telinga. karna waktu itu sampai masuk ke dlm kamar.

  5. Karena geli pernah bbrp kali menjalar di kasur saat mau tidur maka saya bunuh setiap keliatan dimanapun dg tetesan lilin panas saking dendamnya pernah ada di leher saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s