Posted in Android, Internet, Perihal, Teknologi

Sekilas Tentang Android KitKat 4.4


Bismillah
Sempat vakum dan sebenarnya sangat telat untuk menurunkan artikel tentang hal ini, tapi setidaknya blog ini tetap di-update.

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari artikel Berbagai Nama Sistem Operasi Android yang sebelumnya sudah saya posting. Di potingan kali ini saya akan sedikit membahas Sistem Operasi Android lanjutan Jelly Bean yakni KitKat. Penasaran dengan Android KitKat itu bagaimana?

Pada dasarnya, Android 4.4 KitKat merupakan pembaruan dari versi Android sebelumnya yakni Android Jelly Bean, Dimana pada Android KitKat juga lebih disempurnakan oleh pihak Google tentunya. Android KitKat juga memiliki beberapa fitur yang terbaru dari sistem operasi Android yang tentu tidak ada pada Android versi sebelumnya.

image

Sistem operasi pada Android 4.4 KitKat ini juga mengalami beberapa penyempurnaan seperti perbaikan bug, penyempurnaan tampilan user interface, serta penambahan beberapa fitur yang tergolong baru dan up to date.

Kelebihan Android 4.4 KitKat termasuk Perbaikan bug disini dapat saya contohkan seperti perbaikan beberapa kekurangan atau error yang sering didapati pada OS android 4.3 Jelly Bean. Nah, pada android 4.4 KitKat, Anda akan merasakan sensasi berbeda dengan menjalankan perangkat yang masih berjalan pada Android versi 4.3 (Jelly Bean). Berikut pembaharuan di Android KitKat :

• Google sepertinya sudah menghilangkan warna hitam yang ada pada sekitar tiga tombol virtual sentuh Android dan untuk ketiga tombol virtual tersebut seperti tampil layaknya transparan dengan tampilan warna yang tentunya sama dengan warna dari Wallpaper yang digunakan.

image

• Hal menarik lainnya kalau untuk mendapatkan tampilan yang berkesan terlebih lagi terlihat cerah, kini Google sudah mengubah latar App drawer Android KitKat dari semula berwarna hitam menjadi transparan. Selain itu untuk ukuran ikon menu pada Android KitKat ini sudah terlihat lebih besar. Efek yang terjadi ialah untuk ukuran ikon pada KitKat berkurang dari yang tadinya 5×5 menjadi 4×5.

image

• Android KitKat ini juga memiliki improvisasi dari ketahan baterai. Dengan dihadirkannya built-in power saving mode yang tentunya bertujuan menghemat baterai yang memang bawaan dari Android dan perlu Anda ketahui bahwa itu bukan buatan dari vendor smartphone saja (semisal Samsung, LG, Sony, Motorolla dsb).

• Fitur Smart Caller ID. Prinsip kerja tools ini yaitu untuk mendeteksi nomor telepon yang melakukan panggilan ke ponsel pengguna. Contohnya, bila ada panggilan yang masuk ke smartphone Anda dan bukan dari daftar kontak, maka Caller ID akan mengidentifikasi dari operator / perusahaan mana nomor tersebut berasal.

Asal Usul Nama KitKat

John Lagerling (Direktur Kemitraan Android) mengungkapkan lahirnya nama baru itu. Pada Februari silam, di tengah-tengah perhelatan Mobile World Congress, Barcelona, kedua perusahaan Google dan Nestle menggelar pertemuan rahasia. Tujuannya, mempromosikan rencana kedua perusahaan untuk menyandangkan nama brand kedua perusahaan.

Dan tidak butuh waktu lama, Google menerima usulan nama KitKat pada Android. Selain karena KitKat merupakan camilan favorit para pengembang (coder) Android.

Pihak google menjelaskan, tujuan menyematkan nama KitKat untuk versi teranyar agar membuat pengalaman Android bisa diterima luas ke semua orang. Hingga akhirnya Google secara resmi merilis Android KitKat pada 22 November 2013 lalu.

semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

sumber 1

sumber 2

sumber 3

sumber 4

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s