Posted in Android, Internet, Media Sosial, Teknologi

Sekilas Tentang Android Lollipop 5.0


Bismillah

Artikel kali ini merupakan lanjutan dari dua artikel sebelumnya yakni Berbagai Nama Sistem Android dan Sekilas Tentang Android KitKat 4.4. Sebenarnya saya agak telat untuk mengangkat artikel ini karena banyaknya smartphone android berbasis lollipop yang saat ini beredar dipasaran.

Google mengumumkan nama resmi sistem operasi Android versi 5.0 nya dengan sebutan “Lollipop” saat diresmikan pertama kali pada 25 Juni 2014 lalu. Fitur-fitur apa saja yang diperkenalkan oleh Google dalam sistem operasi ini?

Lollipop dibuat untuk digunakan di dunia yang membutuhkan perangkat berbeda-beda dalam interaksi sehari-hari. “Dengan makin banyaknya perangkat yang terhubung, Anda berharap agar semua perangkat akan saling mendukung” demikian tulis Google dalam blog resminya.

Salah satu perubahan yang paling menonjol dalam OS Android Lollipop ini adalah user interface yang didesain ulang dan dibangun dengan yang dalam bahasa desain disebut sebagai “material design”. Perubahan lain termasuk perbaikan pemberitahuan, yang dapat diakses dari lockscreen dan ditampilkan pada banner di bagian atas screen.

Google juga membuat perubahan internal untuk platform, dengan Android Runtime (ART) secara resmi menggantikan Dalvik untuk meningkatkan kinerja aplikasi, dan dengan perubahan yang ditujukan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan penggunaan baterai, yang dikenal secara internal sebagai Project Volta.

Dalam postingan di blog resminya tersebut, Google menyebut bahwa pengguna “Lollipop” tetap bisa melanjutkan aktivitas yang ditinggalkan sebelumnya, walau sudah menggunakan perangkat yang berbeda.


Sebagai contoh, pengguna kini tetap bisa melanjutkan pemutaran lagu dari satu perangkat ke perangkat lain, melihat foto, menjalankan aplikasi, dan bahkan keyword pencarian yang dilakukan dengan perangkat Android.


Tampilan antarmuka “Material Design” menggunakan desain ikon-ikon yang lebih flat dengan warna dan tipografi yang lebih berani dibanding versi Android sebelumnya. Google juga mengklaim bahwa tampilan antarmuka baru ini lebih responsif terhadap sentuhan dan suara.

Konten-konten yang terdapat dalam perangkat bisa diakses dan dijalankan lebih mudah dan cepat karena lebih responsif, baik terhadap sentuhan maupun suara. Transisi antar-tugas yang sedang dijalankan sistem juga dijanjikan lebih mulus.

Berikut perubahan-perubahan yang ada pada OS Android Lollipop :

1. User interface

OS Android lollipop ini dengan mengusung konsep “material design” yang merupakan sebuah konsep yang terinspirasi dari tampilan flast dan minmalis sebuah kertas dan tinta yang di tambah dengan animasi baru yang membuat tampilan andrid versi ini akan lebih modern yang tentunya selalu mengikuti perkembangan teknologi masa kini.


2. Runtime baru

Selama ini Android menggunakan sistem runtime yang dinamakan Dalvik. Sistem tersebut sudah cukup kuno karena ada sejak pertama kali Android diperkenalkan.

Kini, Android 5.0 Lollipop menggunakan Android Runtime (ART) secara default sebagai sistem runtime mereka. Sebelumnya, Android KitKat yang terdapat di beberapa smartphone Android juga memberi opsi apakah ingin menggunakan ART. Namun, kala itu ART masih belum cukup stabil untuk langsung digunakan secara default.

Manfaat dari sistem runtime baru ini adalah performa yang lebih cepat. Google mengklaim bahwa sistem baru ini dapat berjalan empat kali lebih cepat dibandingkan sistem lama mereka.

Namun, kekurangan sistem baru ini adalah belum 100 persen aplikasi di dalam Google Play Store sudah mendukung ART. Jadi, ketika ingin menjalankan aplikasi lama yang tidak di-update, besar kemungkinan aplikasi tersebut akan mengalami crash.

3. Notifikasi

Sering terganggu dengan notifikasi yang muncul ketika membuka sebuah aplikasi (terutama notifikasi panggilan telepon yang sangat menyita perhatian)??

Hal tersebut disadari juga oleh Google. Melalui OS Android 5.0 Lollipop, Google memberi sistem notifikasi baru yang disebut sebagai notifikasi “heads up”.

Dengannya, tidak akan merasa terganggu lagi karena kita bisa melakukan banyak hal seperti menerima telepon atau membalas pesan langsung dari banner notifikasi.

Oia kita juga dapat mengatur notifikasi mana yang penting untuk ditampilkan. Jadi misalnya, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan notifikasi dari kontak A, dan memberi Anda notifikasi untuk kontak B. Hal ini juga dapat diterapkan untuk aplikasi yang terpasang di perangkat Android Lollipop ini.​

4. Android Kill Switch

Isu keamanan kini menjadi hal yang sangat penting bagi para pengguna smartphone. Sebuah fitur yang dinamakan Factory Reset Protection kini dapat diaktifkan pada Android 5.0 Lollipop. Dengannya, ketika kita ingin melakukan factory reset pada sebuah smartphone Android, maka Anda akan memerlukan sebuah password yang sebelumnya telah ditetapkan.

5. Arsitektur 64 bit

Dengan bantuan sistem runtime ART, kini semua aplikasi Anda dapat berjalan dalam arsitektur 64-bit.

6. Bahasa baru

Kelebihan OS Android Lollipop ini adalah tersedianya 15 bahasa baru yang bisa di nikmati.

Dan ke-15 bahasa tersebut adalah bahasa Basque, Bengali, Burma, China (Hong Kong), Galicia, Islandia, Kannada, Kyrgyz, Macedonia, Malayalam, Marathi, Nepal, Sinhala, Tamil dan Telugu, sehingga total bahasa yang di miliki OS Android Lollipop 5.0 ini menjadi 68 bahasa.

7. Tap & Go

Pada OS Android Lollipop, transfer data dari perangkat lama ke perangkat baru sangat mudah, tinggal tap saja.

8. Penghemat Baterai

Fitur ini akan otomatis berfungsi jika baterai sudah mencapai level 15% dengan catatan sebelumnya bahwa fitur ini diaktifkan terlebih dahulu (tanda bahwa fitur ini aktif adalah munculnya warna oranye).

Dan masih banyak lagi fitur-fitur lain yang belum bisa saya sebutkan disini. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.​

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s