Posted in Android, Internet, Media Sosial, Teknologi

Yuk Berkenalan Dengan Android Marshmallow 6.0

Bismillah

Pembaruan besar OS Android ditandai dengan perubahan angka di digit pertama kode OS. Contohnya Android 4.4 KitKat ke Android 5.0 Lollipop. Dan kini, pembaruan itu berlanjut ke Android 6.0 yang mengusung nama Marshmallow.

Tak seperti pembaruan dari KitKat ke Lollipop yang langsung terlihat pada segi tampilan, pada OS Android Marshmallow tampilannya nyaris mirip dengan Lollipop.

Dan perbedaannya lebih banyak terdapat pada fitur-fitur yang kasat mata. Yuk mari berkenalan dengan Android Marshmallow 6.0.

1. Google Now on Tap

Fitur anyar yang paling terlihat dari OS Android Marshmallow adalah Google Now on Tap, yang bisa dibilang mirip Google Now namun lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Cara mengaktifkannya mudah, cukup menahan tombol Home dan sistem akan memindai layar untuk menemukan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.​

Google akan mencarikan semua informasi mengenai semua hal yang saat itu sedang berada di layar ponsel. Misalnya, di layar smartphone ada nama sebuah hotel, maka Google Now on Tap akan mencarikan semua informasi relevan mengenai hotel tersebut.

Namun adakalanya Google pun gagal memuaskan rasa ingin tahu penggunanya. Karena Google Now on Tap pun terkadang gagal menemukan informasi yang ada di layar ponsel.

2. OK Google

Sangat disayangkan jika melewatkan fitur baru ini bernama “OK Google” pada OS Android Marshmallow. Kini fungsi menu pencarian Google pada tampilan layar home bukan seperti dulu lagi.

Dengan pembaruan yang signifikan pada OS Android Marshmallow, tekan tombol Mic dan langsung bicara dengan menyebutkan kalimat “OK Google….” serta ditambahi dengan apa yang di inginkan (misal tanya sesuatu atau mencari sesuatu), hal ini bisa dilakukan selama layar smartphone masih dalam keadaan menyala.

3. App Drawer

Satu-satunya perbedaan besar Marshmallow dan Lollipop dari segi tampilan terlihat di bagian app drawer. Jika scrolling antar halaman di Lollipop dilakukan secara horisontal, di Marshmallow scrolling tersebut terjadi secara vertikal, tanpa adanya pemisahan halaman. Google pun sudah mengupdate tampilan app drawer Lollipop sesaat sebelum mereka merilis Marshmallow ke publik. Dan kini, scrolling app drawer Lollipop pun terjadi secara vertikal.

App drawer tersebut dilengkapi dengan daftar aplikasi yang paling sering digunakan, terletak pada baris paling atas aplikasi juga baris untuk mencari aplikasi secara manual. Scroll bar yang ada di kanan pun akan menunjukkan daftar huruf ketika disentuh, yang akan mempermudah pencarian aplikasi.

4. File Explorer

File Explorer pada OS Android Marshmallow ini mirip dengan aplikasi pihak ketiga yang banyak beredar di Google Play Store.

Untuk mengakses File Explorer caranya dengan pilih menu Settings terus lanjutkan pilih Storage & USB dan scroll kebawah dan pilih “Explore”.

5. Lock Screen Message

Sadar atau tidak, fitur ini sangat bagus dimana di Indonesia sering terjadi tindak pencurian Ponsel atau bahkan hilang akibat jatuh atau tertinggal entah dimana.

Tentu dengan fitur ini, kita dapat menampilkan pesan saat layar smartphone sedang terkunci atau bisa juga menampilkan quote-quote terkenal agar tampilan smartphone tidak membosankan. Tapi bagi saya pribadi, menampilkan informasi tentang pemilik smartphone yakni kita sebagai penggunanya. Kenapa? Jika suatu saat smartphone kalian hilang tercecer maka informasi tentang pemilik pada layar akan berguna, ya terlepas dari individu orang yang mendapatkan smartphone kita (tahu sendiri kan di Indonesia kalo temukan ponsel orang lain bukannya dikembalikan malah dijadikan milik pribadi atau di “uang” kan).

Dengan menaruh nomor yang bisa dihubungi (misal nomor milik orang tua atau saudara), alamat email atau bahkan menambahkan alamat rumah sebagai pesan di layar smartphone.

Untuk mengubah pesan silakan ke menu Settings terus pilih Security terus pilih menu Lock Screen Message dan tulislah informasi mengenai diri kita sebagai pemilik smartphone.

6. Pengaturan Cepat dari Status Bar

Bagi yang suka ngoprek mungkin ini hanya sebagian kecil yang bisa di utak-atik. Yap, System UI Tuner adalah fitur eksperimen untuk melakukan sedikit perombakan yang bisa mengubah dan menyesuaikan tampilan di OS Android Marshmallow ini. Sebelumnya Google sudah memperingatkan bahwa fitur ini dapat “berubah, rusak, atau hilang dalam rilisan mendatang” dan untuk melanjutkannya harus dengan hati-hati atau menerima setiap resiko apapun yang terjadi.

Untuk mengaktifkan System UI Tuner, kita harus membukanya melalui panel menu akses cepat dengan mengusapkan jari turun kebawah dari status bar atas. Kemudian, tekan dan tahan ikon “Gear ~ Gir” di kanan atas selama beberapa detik dan lepaskan.

Kita akan masuk ke menu Setting dan akan muncul pesan pop-up yang berisi tulisan “Congrats! System UI Tuner has been added to Settings.

Scroll ke bawah dan pilih System UI Tuner dan kita akan menemukan akses untuk melakukan perubahan pada menu Quick Settings dan Status Bar. Tekan pada menu Quick Settings dan kita dapat menghapus dan mengutak-atik ikon shortcut sesuai dengan keinginan. Tekan pada panel Status Bar untuk mengaktifkan dan mematikan yang ikon-ikon yang ada di Status Bar.

7. Persentase Baterai

Secara default, di OS Android Marshmallow persentase baterai tanpa menggunakan kode % dan untuk melihatnya cukup usap kebawah di layar smartphone dengan dua jari dari Status Bar atas. Tapi cara ini bukan untuk mengaktifkan.

Untuk mengaktifkan ikuti langkah nomor 5 diatas, pada menu System UI Tuner ada pilihan “Show embedded battery percentage” tekan itu untuk mengaktifkannya.

8. Smarter volume controls

Yap, jujur saja sewaktu menggunakan OS Android Lollipop pengaturan untuk suara notif dan sejenisnya kurang diperhatikan Google, dan tidak sedikit pengguna yang kecewa.

Nah di OS Android Marshmallow ini, pengaturan itu hadir dan cukup mudah di akses, tinggal tekan saja tombol volume/suara (atas atau bawah) maka akan muncul notifikasi slide dari atas layar untuk pengaturan nada suara notifikasi pesan, musik dan timer.

9. Game Flappy Bird Clone

Seperti halnya di OS Android Lollipop, ada game tersembunyi Flappy Bird Clone pada stock ROM Android Marshmallow ini.

Untuk Memainkannya cukup akses ke manu Settings terus pilih About phone dan tekan pada tulisan Android version number sampai muncul logo “M”. Selanjutnya tekan logo “M” itu untuk kemudian muncul tampilan marshmallow dan tekan dan tahan lama di layar smartphone sampai game itu muncul.

Itu adalah sebagian dari yang ada di OS Android Marshmallow. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam.

CATATAN :

Artikel tentang OS Android Marshmallow ini merupakan lanjutan dari artikel-artikel berikut :

Berbagai Nama Sistem Operasi Android

Sekilas Tentang Android KitKat 4.4

Sekilas Tentang Android Lollipop 5.0

Author:

di blog ini tempatku berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s